Jika tabungan perumahan rakyat diberlakukan (TAPERA), sektor apakah yang akan diuntungkan??

    Apa itu TAPERA? Tabungan Perumahan Rakyat, sebuah program yang didirikan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu orang menabung untuk membeli rumah. Namanya adalah Tapera. Ketika program ini dimulai, investor mungkin lebih suka saham emiten perbankan dan properti. 

    Kebijakan tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 21 Tahun 2024, yang diubah dari PP No 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, yang baru saja ditandatangani Presiden Joko Widodo. Pasal 15 Ayat 1 PP menyatakan bahwa simpanan peserta ditetapkan sebesar 3% dari gaji atau upah pekerja dan penghasilan pekerja mandiri.

    Apa saja kira kira emiten yang menarik dan mungkin berkaitan dengan kebijakan ini? Untuk saham menarik yang berkaitan dengan kebijakan tapera ini adalah PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN). PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) adalah pemilik, pengembang, dan pengelola real estate terkemuka yang terdiversifikasi di segmen real estate ritel, komersial, dan perumahan dengan kepemilikan yang beragam.

    Saham PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) telah berada di area support, serta berada di garis bollinger band bawah dan dapat melakukan pembelian dengan buy on weakness pada area 106-108  dengan target pertama pada area 115-119 dan target kedua pada area 122-125 dan cutloss ketika breakdown di area <103.

    Selain saham di sektor properti, saham di sektor perbankan juga cukup menarik untuk dilirik, seperti saham BBTN yang memang bisnisnya berfokus pada pembiayaan perumahan dengan segmen terbesar masyarakat  kelas menengah kebawah.

 

    Saham Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) Berpotensi akan mengalami penurunan terlebih dahulu diarea suport 1195-1210,dengan kemungkinan seperti itu maka area buy bisa di 1195-1210, dengan target pertama pada area 1280-1300, dan target kedua pada area 1320-1340 dan cutloss ketika menembus suport diarea <1170.

4 comments:

sasa said...

wah ilmu baru, terima kasih🙏🏻🙏🏻

Nasrul kuat said...

Waw terimakasih ilmunya unssaf

banana said...

wihh informatif sekaliii

Anonymous said...

ayo BOD Unssaf bikin lbh aktif webnya dan media sosialnya... SIM Dept, Education Dept, investment Dept, Event Dept, bikin trobosan biar banyak postingan di web, yang bisa mengeducate, sekaligus buka wawasan dan tempat untuk sharing stockpick analisa saham, jadi ilmunya bisa diaplikasikan dan memajukan dunia investasi di dunia pendidikan, universitas, bahkan masyarakat luas. saya tunggu progressnya ya kakak semua...

ex. SIM Department, angkatan II, UNNES.

Pages